Minggu, 11 September 2011

Kimia ???

Kalau ada yang bertanya, "kuliahnya jurusan apa dek?" dan kita sebagai mahasiswa kimia, tentu saja menjawab "Kimia pak,,". Biasanya serentak si penanya tersebut membalas "wah, bisa buat BOM dong?".

Nah lo? kok buat BOM?.

Adalah sebuah kenyataan bahwa kesan yang popular tentang kimia di sebagian besar masyarakat kimia tidak terlalu memberi definisi yang positif. Yang mereka pahami ilmu kimia berkutat dalam pembuatan BOM, Racun dan benda benda yang berbahaya lainnya. Bagi sebagian siswa, kimia identik dengan tabung reaksi, bau bauan yang aneh dan menyengat dan lain sebagainya.

Memang tidak dapat dipungkiri, ledakan bom, pencemaran linghkungan, racun dan kesan – kesan negative lainnya, sangat bersinggungan dengan ilmu kimia. Namun, pada dasarnya ilmu kimia sangatlah berperan penting dalam mendukung perkembangan industri. Kemajuan industri ini membawa kesejahteraan dan banyak kemudahan bagi umat manusia.

WHY??

Sebab, sebagai ilmu yang mempelajari zat – zat penyusun materi, sifat – sifatnya, serta perubahan – perubahan yang dialaminya, kimia mampu menjelaskan dengan baik banyak fenomena makro yang terjadi di alam. Kimia juga dapat menjelaskan bagaimana zat – zat saling bereaksi. Reaksi kimia tidak hanya terjadi di laboratorium, melainkan terjadi pula di sekitar kita. Mahasiswa kimia pasti faham betul, Proses pernafasan, fotosintesis,dan pematangan buah merupakan beberapa contoh reaksi kimia. Rekasi kimia dapat digunakan untuk membuat beragam produk yang kita perlukan sehari – hari. Oleh karena itu praktisi industri menggunakan reaksi kimia untuk menghasilkan berbagai produk makanan, minuman, detergen, tekstil, kertas, dan bahan – bahan konsumsi lainnya. Ahli medis pun menggunakan reaksi kimia untuk menemukan obat – obatan, menguji sampel darah, dan menentukan dosis obat yang tepat bagi pasien. HEBAT bukan?

Kenapa Harus Belajar KIMIA?

Tidak perlu ditanya...Kita harus bangga menjadi mahasiswa kimia, karena Kimia merupakan ”The Central Science”. Wah,,,maksudnya apa tuh?. Maksudnya adalah bahwa kimia sengat erat kaitannya dengan bidang ilmu lain seperti matematika, biologi, fisika, farmasi, ilmu pangan, ilmu kesehatan dan lain lain. Konsep – konsep kimia akan sangat membantu dalam memahami ilmu – ilmu tersebut.Kimia juga memabantu kita untuk dapat menggunakan bahan – bahan kimia secara aman dan tepat.

Nah,,,kalau Manfaatnya Apa?

Ya,,,,seperti yang tersirat tadi. Dengan menguasai kimia, kita dapat mengenal alam semesta secara lebih baik. Kita akan memahami bahwa alam semesta ini telah diatur sedemikian rapihnya dan dengan desain yang luar biasa hebatnya. Dengan demikian, Kita akan semakin memahi makna kemahabesaran tuhan YME. Yang tidak pernah menciptakan sesuatu dengan sia – sia. Selain itu kimia juga akan mengantarkan kita pada suatu cita cita dan kesuksesan, mungkin saja diantara kita ingin menjadi dokter, apoteker, kimiawan atau mungkin profesor semua bisa melalui ilmu kimia.(sif)

NB: Untuk adik adik mahasiswa baru 2011, selamat berjuang di FMIPA UNTAN, selamat belajar ilmu kimia :), mari bersama sama kita harumkan kimia dan FMIPA UNTAN. Semangat !!!

2 komentar:

  1. agak familiar dengan tulisannya.....

    BalasHapus
  2. siapa kira2? jangan menerka nerka bang,,,nanti salah...

    BalasHapus