Senin, 19 September 2011

HIMKI’S EVENT


Goes To PIMNAS 2011

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada 18 September 2011, HIMKI FMIPA Untan kembali menggelar Pelatihan Penulisan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) 2011 yang berjudul “Goes To PIMNAS 2011”. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula 1 Fmipa ini, diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi FMIPA kimia dari berbagai angkatan. Hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut adalah Bpk. Gusrizal, S.Si, M.Si.

Semakin berkurangnya eksistensi mahasiswa MIPA, khususnya mahasiswa kimia dalam kegiatan PKM, menimbulkan keresahan tersendiri bagi Civitas Akademika Kimia FMIPA. Oleh karena itu, HIMKI dan para dosen kimia FMIPA berinisiatif untuk mengadakan pelatihan penulisan PKM bagi mahasiswa kimia agar dapat menunjukkan kembali ‘taring’nya dalam bidang karya tulis ilmiah.

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa-mahasiswi kimia agar dapat membuat karya ilmiah untuk diajukan pada PKM tahun ini. Para mahasiswa, khususnya Mahasiswa Baru (MaBa) Kimia 2011 juga diberi gambaran umum tentang kegiatan PKM ini serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan tulisan yang akan diajukan dalam PKM tersebut.

Acara yang mulanya akan dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB ini terpaksa molor sekitar 30 menit karena ruangan tersebut masih digunakan oleh mahasiswa lainnya. Namun, kita dapat bersyukur karena acara tersebut dapat berlangsung dengan lancar, meskipun sebagian besar peserta yang hadir merupakan MaBa Kimia 2011.

PKM merupakan salah satu ‘wadah’ bagi para mahasiswa untuk menunjukkan kreativitasnya dalam bidang karya tulis ilmiah. Tulisan-tulisan tersebut (berupa proposal kegiatan atau karya tulis) akan dikumpulkan dari seluruh Indonesia kemudian diseleksi oleh dewan juri. Proposal-proposal yang lulus seleksi selanjutnya dikerjakan oleh mahasiswa pengaju proposal tersebut dan didanai oleh pihak DIKTI. Selama pelaksanaannya, PKM tersebut dinilai dari laporannya. Sekitar 200 PKM yang terbaik akan diundang dalam PIMNAS untuk menentukan PKM terbaik.

Pada tahun-tahun sebelumnya, PKM mencakup 6 bidang kegiatan, yaitu PKM-P (Penelitian), PKM-T (Penerapan Teknologi), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-M (Pengabdian terhadap Masyarakat), PKM-GT (Gagasan Tertulis) serta PKM-AI (Artikel Ilmiah). Namun, pada tahun ini telah ditambahkan lagi satu bidang kegiatan baru, yaitu PKM-KC (Karya Cipta).

Diharapkan, setelah mengikuti pelatihan ini, mahasiswa kimia FMIPA semakin termotivasi untuk mengikuti kegiatan PKM serta dapat berpartisipasi kembali dalam PIMNAS 2011 yang akan di selenggarakan di Yogyakarta pada bulan Juli mendatang. (hill).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar